top of page
Gambar penulisYusrin Ahmad Tosepu

Bagaimanakah Pendidikan yang baik?

Diperbarui: 2 Jul 2020


Pendidikan yang paling baik adalah melahirkan rasa penasaran pada peserta didik sehingga mereka ingin tau dan paham. Bukan pula sekedar mengikuti kurikulum apalagi kurikulum negara lain.


Bukan juga mengikuti sistem pembelajaran menurut para ahli. karena dasar pendidikan itu sendiri adalah menciptakan peserta didik mampu mengerti dan paham. Itu merupakan kode kunci pendidikan yang paling baik.


Pendidikan di indonesia menganjurkan kita untuk menghafal bukan memahami padahal yang namanya ilmu pengetahuan akan selalu berkembang seiring waktu dan jamannya.

Peserta didik adalah generasi yang hidup di zamannya Kewajiban pendidika adalah mengarahkan peserta didiknya untuk menciptakan sebuah karya, dengan membantu menemukan bakat mereka. Dengan demikian, pendidikan akan menciptakan generasi yang berhasil dalam pendidikannya.


Hakikat Pendidikan didesain untuk memanusiakan manusia. Menjadikan manusia menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelum ia mengenal pendidikan. Kata kuncinya adalah menjadi lebih baik, dengan apa? Dengan cara memberikan nilai-nilai dasar yang dibutuhkan dalam menjalankan kehidupan, tidak hanya di dunia tetapi juga untuk kehidupan akhirat.


Ketika nilai-nilai dasar telah terpenuhi, barulah kita beranjak pada yang namanya pengembangan diri. Peserta didik yang berbakat di didorongkan sesuai dengan bakat dan potensi yang mereka miliki.


Peserta dididk yang suka dengan penelitian, didukung penuh dalam bidang tersebut, dan lain sebagainya. Oleh karenanya pendidikan bukan wadah untuk menghasilkan output yang siap dipekerjakan, itu salah besar.


Sejatinya Pendidikan adalah melahirkan generasi yang bangga dengan apa yang ia miliki. Tolak ukurnya bukan material.


#SemogaBermanfaat @MajuTerusPendidikanTinggiIndonesia

1.922 tampilan

Comentรกrios


bottom of page